Rabu, 07 Desember 2011

Tulisan 1

( Mengenal Ilmu Budaya Dasar )
Ilmu budaya dasar sangat penting untuk dipelajari. Apa lagi untuk mahasiswa seumuran kita. Karena ilmu ini adalah suatu dasar tentang kebudayaan-kebudayaan, baik kebudayaan dalam maupun yang berasal dari faktor luar.
Sebelum kita mempelajari ilmu budaya. Hal pertama yang paling penting adalah budaya. Apa itu budaya?
     Menurut saya budaya adalah suatu tata cara atau kebiasaan yang tumbuh disuatu wilayah dan terus berkembang oleh perkembangan zaman. Budaya disuatu wilayah dan wilayah lainnya pasti berbeda, tergantung kebiasaan dan tata cara suatu wilayah tersebut.
     Selanjutnya dalah budaya indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan itulah yang menyebabkan banyaknya keanekaragaman budaya indonesia. Kita boleh berbangga dengan budaya yang kita miliki. Tapi satu hal yang terpenting jangan lipa untuk melestarikan budaya indonesia, jangan sampai budaya kita menghilang bersamaan dengan berjalannya waktu, apalagi jika kebudayaan kita dicuri oleh bangsa lain. Jadi untuk para generasi muda hrus menjaga dan melestarikannya.
     Indonesia adalah negara kaya. Padahal jika kita pintar kita bisa melestarikan budaya kita dan mempromosikannya dengan bangsa lain, maka bangsa lainpun saya yakin mereka akan tertarik dengan budaya kita karena mendapatkan kepuasan tersendiri. Dan kita bisa bersimbiosis saling menguntungkan dengan bangsa lain karena pasti kita akan mendapatkan rupiah yang dapat memajukan perekonomian negara.
     Budaya yang tersebar di Indonesia disetiap daerah juga menimbulkan beberapa hal negatif. Contonya karena kebodohan orang kita yang tidak memahami betapa indahnya perbedaan yang mengakibatkan perpecahan diantara kita dan saling menyangkal satu sama lain.
     Untuk itu supaya tidak terjadi perpecahan diantara kita, kita harus bisa memahami betapa indahnya perbedaan. Sesuai dengan pedoman bhineka tunggal ika yang berarti berbeda- beda tetapi tetap satu jua. Karena sesungguhnya Tuhan telah menciptakan manusia dengan berbeda- beda.
Jadi saya berkesimpulan kalau ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar dari budaya- budaya disuatu wilayah dan budaya tersebut bisa terus berkembang. Ilmu budaya dasar sangat penting untuk dipelajari. Berikut manfaat mempelajari ilmu budaya dasar:
·        Mengetahui apa apa saja budaya yang ada disuatu wilayah
·        Menimbulkan rasa saling menghargai, dan memahami betapa indahnya perbedaan.
·        Dapat melestarikan budaya budaya daerah
·        Menambah ilmu pengetahuan
·        Menambah rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·        Berkesempatan untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi
Mungkin itu hanya beberapa manfaat mempelajari ilmu budaya dasar. Karena masih banyak lagi manfaatnya jika kita mau mempelajari ilmu ini.
     Manusia sejak ia lahir pasti sudah diwarisi budaya budaya bahkan sejak manusia dalam kandungan, seperti budaya nujuh bulanan sebagai tanda rasa syukur atas bayi yang dikandungnya dan berharap supaya kelak nanti menjadi anak yang lebih baik. Lalu saat pertumbuhan manusi pasti manusia pernah melihat suatu budaya budaya bahkan sampai dewasa budaya yang kita tahu pasti pasti akan terus bertambah.
     Dan satu lagi hal penting pasti budaya asing ada pengaruhnya dengan budaya kita bahkan salah satu diantaranya berakibat hal-hal negatif. Contohnya budaya menggunakan pakaian-pakaian yang seksi dan ketat, sudah pasti ini sudah melencengkan budaya kita. Dan contoh lainnya seperti budaya meminum alkohol yang diikuti orang-orang kita. Padahal kita tahu meminum alkohol dilarang oleh agama. Oleh karena itu pesan dari saya sebelum kita mengikuti budaya- budaya asing yang masuk kebudaya kita, kita jeli dan pintar mana budaya yang baik yang bisa kita ikuti dan mana budaya yang salah dan merugikan.
     Menurut saya setiap manusia memiliki budaya-budayanya tersendiri.yaitu dapat terlihat bagaimana keseharian dia. Karena karakter dan sifat manusia yang berbeda. Dan saya yakin setiap manusia pasti memiliki kelebihannya masing-masing dan kekurangannya masing-masing.
    “ Jagalah budaya kita dengan sebaik-baiknya wahai generasi muda, dan lestarikanlah kebudayaan yang kita miliki.”
     Setiap budaya ada yang terus bertahan walaupun bertambahnya waktu dan ada juga budaya yang mengikuti perkembangan zaman. Bahkan ada budaya yang hilang dan muncul suatu kebudayaan yang baru.Bahkan ada juga perpaduan antar budaya dari suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Jadi jangan takut dengan berkembangnya budaya. Karena budaya itu adalah pengetahuan, dan menuntut ilmu itu wajib hukumnya. Jadi carilah ilmu sebanyak-banyaknya. Karena dengan pengetahuan dan wawasan yang tinggi maka kita akan bertambah berfikir dan merasa bertambah bodoh lagi kita, karena ilmu itu sangat luas dan tidak bisa dihitung.
Ini ada tips dari saya bagaimana kita bisa berwawasan luas dengan kaitannya dengan budaya:
·        Pelajarilah budaya daerah kita dahulu sebelum menjelajahi ke budaya lainnya yang lebih luas
·        Janganlah pernah puas untuk mencari ilmu
·         Janganlah pernah sombong dengan ilmu pengetahuan yang kita miliki, karena semakin kita banyak mencari ilmu, maka semakin kita itu merasa manjadi bodoh, dan terus mencari ilmu
·        Janganlah pernah ragu untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berwawasan luas, dan yang memiliki banyak pengetahuan.
·        Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki saatini, karena dengan kita pandai-pandai bersyukur itu akan membuat jiwa kita dan batin kita terasa tenang dan damai.
·        Saling menghargai pendapat orang lain. Dengan kita saling menghargai maka hati kita akan tenang dan dapat dengan mudah untuk mencari ilmu.
     Untuk itu kalau kita tidak dasar dari ilmu budaya maka kita akantermasuk orang orang yang merugi, karena betapa indahnya keberagaman budaya kita, negara kita indonesia tercinta.
     Disamping keberagaman kebudayaan indonesia, terkenal dengan sebutan nama masyarakat multikultural. Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang berbeda-beda suku, agama, budaya, ras,klan, dan lain-lain. Pokok yang paling penting ada unsur budaya yang masuk dalam kategori masyarakat multikultural.
     Diantara keberagaman masyarakat multikultural yang paling banyak pengaruhnya adalah kebuyaan masyarakat itu sendiri. Budaya yang yang beraneka ragamlah adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan masyarakat multikultural.
     Budaya adalah aset yang sangat penting untuk bangsa, tanpa budaya bangsa ini terasa sepi dan terkenal monoton. Karena itulah setiap bangsa memiliki budayanya tersendiri. Budaya kita yang sangat berharga ini harus kita lestarikan sampai anak cucu kita.
     Selanjutnya faktor yang mempengaruhi budaya yaitu adanya keberagaman suku bangsa. Setiap suku bangsa baik dimanapun mereka hidup dan penyebarannya. Setiap suku bangsa pasti memiliki adat dan tradisi tersendiri. Indonesia termasuk negara yang mempunyai keberagaman suku bangsa.
 Contohnya:
·        suku batak,
·        suku ambon,
·        suku jawa,
·        suku sunda,
·        suku madura,
·        suku dayak,
·        suku laut,
 dan masih banyak yang lainnya.
     Oleh karena keberagaman suku bangsa diIndonesia untuk itu kita harus saling menghargai satu sama lain agar tercipta kerukunan bangsa, karena kita semua satu. Dengan kita bersatu maka kita akan menang
     Disini saya juga menambahkan artikel tentang budaya dari sumber orang lain, karena menurut saya ini bagus:

Mengenal ilmu budaya dasar
Secara umum, budaya dapat diartikan sebagai pola bertindak dan berfikir untuk memenuhi semua kebutuhan hidup, baik yang bersifat primer maupun sekunder. Selain itu, mata kuliah yang satu ini juga dibuat berdasarkan adanya permasalahan-permasalahan yang erat hubungannya dengan konteks budaya, Negara, dan masyarakat Indonesia
Selain tujuan, kebudayaan juga memilki fungsi-fungsi tertentu sehingga kebudayaan dapat dianggap penting adanya dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut adalah beberapa fungsi dari kebudayaan, yakni:
1. Suatu pedoman bagi hubungan antar manusia atau kelompok
2. Wadah untuk menyalurkan perasaan-perasaan dan pendapat
3. Pembimbing kehidupan manusia dalam bertindak
4. Pembeda antar manusia dan binatang
Di samping itu, dalam terwujudnya suatu kebudayaan, adalah hakikat-hakikat tertentu yang menjadi landasan begaimana kebudayaan dapat terwujud. Hakikat-hakikat tersebut antara lain:
1. Kebudayaan terwujud dan tersalurkan dari perilaku manusia
2. Kebudayaan itu ada sebelum generasi lahir dan kebudayaan itu tidak dapat hilang setelah generasi tidak ada
3. Kebudayan diperlukan oleh manusia dan diwujudkan dalam tingkah lakunya
4. Kebudayaan mencakup aturan-aturan yang memberikan kewajiban-kewajiban
Kebudayaan dalam perkembangannya di masyakarat memiliki beberapa sifat-sifat penting yakni, budaya bersifat etnosentris, universal (dapat diterima oleh semua orang), alkuturasi (dapat berbaur dengan kebudayaan lain), adaptif, dinamis (fleksibel), serta integrative.  Budaya juga memiliki aspek-aspek tertentu, yakni aspek di bidang kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah, serta budaya nasional.
Meskipun budaya memiliki aspek dan landasan yang kuat, namun hal tersebut tidak menjamin bahwa kebudayaan tidak akan berubah sewaktu waktu. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan kebudayaan di suatu masyarakat dapat berubah:
1. Adanya kontak dengan negara lain
2. Adanya sistem pendidikan formal yang maju
3. Adanya sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju
4. Banyaknya penduduk yang heterogen
5. Adanya ketidak puasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu
Selain itu ada pula factor-faktor baik dari dalam masyarakat maupun dari luar masyarakat yang menghambat proses perubahan  kebudayaan di suatu daerah, yakni:
1.faktor dari dalam masyarakat
* bertambah dan berkurangnya penduduk
*adanya  penemuan-penemuan baru
* adanya petentangan-pertentangan pendapat didalam masyarakat
* terjadinya pemberontakan didalam tubuh masyarakat itu sendiri
2. faktor dari luar masyarakat
* berasal dari lingkungan dan fisik yang ada disekitar manusia atau masyarakat
* peperangan dengan negara lain
* pengaruh kebudayaan dari masyarakat lain
Dengan adanya factor-faktor tersebut, maka perubahan-perubahan yang ada di masyarakat dapat di antisipasi dengan baik. Factor-faktor tersebut pula lah yang menjadikan kebudayaan Indonesia berbeda dengan kebudayaan di Negara-Negara lain. Dengan adanya budaya, hendaknya pola pikir manusia dalam bertindak dapat semakin maju dan berkembang, namun dapat juga menyaring hal-hal negative yang masuk sehingga tidak menjatuhkan nama baik Negara. Hal ini lah yang paling utama di jadikan sebagai tujuan mengapa ilmu budaya dasar wajib di pelajari dan di terapkan, terutama bagi generasi-generasi muda agar tidak salah dalam menyaring budaya budaya yang masuk di suatu negara.
         Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan ilmu budaya dasar?
       Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan,pada perkuliahan jurusan sosiologi juga ada salah satu mata kuliah ini, namun jika untuk mengingat terlalu sulit bisa diambil intinya saja agar tidak terlalu membebani pikiran otak.
       Ilmu budaya dasar juga bisa diuraikan ilmu pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
       Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris the Humanities, yang berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia,berbudaya dan halus.
       Dengan mempelajari  the humanities diharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan halus.
      Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar menjadi manusia  humanus, manusia harus mempelajari yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
      Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya (homo humanus).
      Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya,melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untu mengkaji masalah-masalah  manusia dan budaya.
Ilmu ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah nilai manusia sebagai makhluk hidup (kebudayaan).
Pengetahuan budaya dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (kebudayaan) seni dan filsafat,
        Tujuan ilmu budaya dasar:
  •       Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih   dikenal luarnya,
  •       Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain.
  •       Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup.
  •      Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia,
  •      Tanggap terhadp hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya,
  •      Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya,
  •       Tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan.
  •      Sebagai calon pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat    kedaerahan dan kekotaan sebagai ilmu kedisiplinan yang kaku
  •     Sebagai jembatan para saran yang berbeda keahliannya lebih mampu berdialog dan lancer berkomunikasi dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun serta mampu memenuhi tuntutan perguruan tinggi khususnya Darma pendidikan.

        Ilmu budaya dasar memiliki beberapa ruang lingkup,diantara lain yaitu:
1.    Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya.
2.     Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beranekaragam perwujudnya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Perwujudan dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, Nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian.  Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam,dengan sesame manusia,dirinya sendiri,nilai-nilai manusia dan bagaimana pulahubungan dengan Sang Pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.

Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :

1.      Manusia dan cinta kasih.
Cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang didukung oleh unsure karsa, yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggungjawab. Dalam cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemesraan. Belaskasihan dan pengabdian. Cinta kasih yang disertai dengan tanggungjawab menciptakan keserasian,keseimbangan,dan kedalaman antara sesame manusia,dengan lingkungan,dan antara manusia dengan Tuhan.

Bentuk-bentuk dari rasa kasih sayang itu sendiri sebagai berikut :

1.     Cinta diri.
2.     Cinta sesame manusia. 
3.     Adil dan belas kasih.
4.     Pertemuan cinta.
5.     Cinta kepada Tuhan (Allah SWT).
Contoh cinta kasih yang biasa diterapkan oleh manusia yaitu:
  •  .       Cinta kasih antara orangtua dengan anaknya
  •       Cinta kasih antara pria dengan wanita
  •       Cinta kasih antara sesame manusia
  •       Cinta kasih manusia dengan lingkungannya.

2.      Manusia dan keindahan manusia.
Keindahan itu berasal dari kata indah,yang artinya bagus,cantik,elok dan sebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi,dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Keindahan juga bersifat universal yang artinya tidak terikat oleh selera perorangan,waktu dan tempat atau kedaerahan.

Disamping itu,keindahan menurut luasnya pengrtian,yaitu:
  •        Keindahan dalam arti luas,
  •      Keindahan dalam arti estetis murni,
  •      Keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan.

     Apa sebab manusia menciptakan keindahan? 
  •   Tata nilai yang telah using
  •  Kemerosotan jaman
  •  Penderitaan manusia
  •  Keagungan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar